5 Fenomena Bulan

Sebelumnya, maaf ya aku udah lama ga posting. Keasyikan sama liburan sekolah, jalan-jalan teruusss...
Wakakakakak...
Ide buat postingan juga ga muncul, susah juga buat info beginian!
Tapi gara-gara gerhana bulan Kamis kemaren (16 Juni 2011) ada deh ide buat posting beginian!
Doakan semoga konflikku dengan Mr. Idea cepat selesai (......)


1. Super Moon



Super moon atau di Indonesia dikenal sebagai bulan besar. Sebenernya, bukan bulannya yang membesar dengan jalan dipompa pake pompa ban (OK, ngayal tingkat tinggi.), tapi bulan saat itu jaraknya dekat sekali dengan bumi (hanya sekitar 221.567 mil atau 356.578 kilometer). Padahal biasanya jaraknya 384.403 km, berkurang 27 ribu sekian km yang kira-kira 2 kalinya diameter bumi!
(Lebih gamblangnya di wikipedia)


2. Smile Moon



Udah jelas kan dari gambarnya? Jupiter, venus, bulan berbentuk seperti wajah tersenyum, keren bgt! Tapi sebenernya mereka itu gak terlihat dalam 1 waktu lho! Bulan itu keadaannya 3 detik sebelumnya (soalnya cahaya dari bulan butuh kira-kira 3 detik ke bumi), kalo venus, itu keadaan 8 menit sebelumnya dan jupiter, 26 menit sebelumnya.


3. Bulan ada Dua???



Nggak bener bener jadi dua kok! Ga usah kaget dulu! Sebenernya 'bulan kedua' itu tuh planet mars. Planet mars saat itu sangat terang dan berada sangat dekat dengan bumi (34.65 juta mil) dan itu membuatnya jadi bulan kedua.


4. Halo Moon
fenomena-bulan-halo2


Yup! Fenomena optik 'halo' ga cuma matahari aja yang punya, bulan juga kok! Fenomena dimana bulan dikelilingi semacam cincin cahaya yang disebabkan oleh pantulan cahaya dari kristal es yang dibentuk awan cirrus. Keren!


5. Gerhana Bulan



Masih hanget banget nih berita, baru tanggal 16 Juni 2011 kemaren! Mungkin beberapa dari kalian begadang buat nonton fenomena menarik yang satu ini! So do I! Sayang ngelewatin kejaian langka ini... Uppss, buat yang ga sempet nonton, aku denger kabar kalo tanggal 10 Desember bakal ada lagi!
Bahas dikit : Gerhana bulan tejadi karena posisi matahari-bumi-bulan berurutan, jadi bulan ga dapet cahaya dari matahari karena ketutup sama bumi.
(Belum puas? wikipedia lagi...)

0 komentar:

Posting Komentar